Starbucks gencar melakukan kampanye baru di dunia maya. Mulai dari Twitter, Facebook, YouTube, ia gandeng demi merangkul lebih banyak orang dibanding lewat media tradisional.
Taktik yang terbilang unik pun mereka lakukan, salah satunya adalah dengan perlombaan di Twitter. Starbucks memanfaatkan kekuatan situs jejaring dengan memberikan tantangan pada orang-orang untuk menjadi yang pertama memposting foto poster Starbucks di Twitter.
Kampanye yang dimulai pada bulan ini, merupakan langkah untuk mengimbangi kampanye minuman kopi yang dilakukan McDonald's dengan budget gila-gilaan mereka di TV, billboard, dan media lini atas lainnya.
Starbucks yakin, lewat media online, selain budget yang mereka keluarkan bisa ditekan, merekapun bisa menjaring jumlah orang yang lebih banyak.
"Inilah perbedaan antara perilisan dengan dana jutaan dollar versus jutaan fans," begitu ungkap Mr. Bruzzo dari Starbucks, jaringan kedai kopi yang telah mendunia ini.
Tak hanya Twitter, situs video YouTube juga dimanfaatkan untuk promosi. Promosi ini dikemas dalam bentuk kontes bagi pekerjanya.
Ternyata, kontes foto yang dilakukan Facebook terinspirasi dari apa yang dilakukan orang-orang melalui Facebook dan Twitter. Setiap tahunnya orang-orang berlomba melakukan posting foto pertama dari toko Starbucks yang didekor bernuansa merah saat liburan. Begitu juga di Flickr, mereka berlomba memamerkan foto beberapa foto toko Starbucks dalam shot yang sama.
Starbucks optimistis kampanye tersebut akan didukung oleh 1,5 juta fans Facebook dan 183.000 follower di Twitter.
Makin mantap aja dunia internet....
Sumber : detik
Kreatif tuh mas,,hehe..
betul...kreatip betul
Ketigaxx.........memang harus begitu kali yah...kalau tidak begitu, jadinya tidak kompetitif, tapi yang saya herankan kok baru sekarang yah....??hihihi...glek.
lama tak jumpe ama si slikers,,,kamana aja,,,kok ga ada nongolz2 di blog aye...
ayo om, jangan mau kalah sama starbucks.tunjukin kalo om juga bisa hehehe.sukses terus yap om :D
ayo kita jual diri
hehehehehe
piiissss bro
Kok lama nggak keliatan Mas...
promosi liwad twitter gmn sii kang?!?!?
mang kita dpt earning juga dari sana?!?!
sorry jd OOT, gara2 baca ada twitter mode on* nya :p
Kemana aja nich Mas, kok jarang keliatan
Sibuk???
waw keren ya promosinya. lama2 jadi jualan kopi online. pengen kopi dimana aja, kapan aja, tinggal ONLINE!!!
mantep ni ulasannya
ide marketing yang kreatif...sampai2 kampanye pemilu juga lewat facebook :-)
Keren juga ternyata strategi marketing dari pihak starbuck
mantab ... boleh tuh idenya ...
gila tuh namanya...
makanya sekarang starbuck jadi sangat, sangat sukses..
tapi yang bikin saya tambah bingung, ternyata kopi starbuck tuh berasal dari Sumatra... :tuing:
saya juga sedang mengadakan kontes, ayo ikutan :)
Sekarang bisnis2 offline banyak melakukan promosi via internet.
hmm... bisnis online tambah marak aja
strategi yg bagus...
Promosi online memang efektif