Ada email bagus yang diperoleh dari salah satu kolega :

Tadi pagi saat berangkat kerja seperti biasa jam 07.00 ke arah roxy lewat kolong jembatan yang baru, saya melewati rel kereta api. Eh… saat melintas, mesin mobil saya tiba-tiba mati,sudah mau melintas rel tepatnya, sayup sayup terdengar bunyi tut tut tut tut tut. Ternyata ada kereta api mau lewat.

Saya tengok ke kanan, kereta sudah kelihatan, walaupun masih jauh. Petugasnya terlambat membunyikan sirene. Berdasarkan pengalaman, saya refleks bunyikan klakson, kebetulan di depan tidak ada mobil.. Di dalam mobil saya berusaha santai dan tenang.,saya bunyikan klakson terus. Eh…tiba-tiba tape mobil saya menyala. Saya kaget, kok bisa ya nyala sendiri ???



Saya teringat kejadian 2 tahun lalu, saat om dan tante saya terjebak di atas rel kereta api di Surabaya . Mobil mereka tiba-tiba berhenti mendadak, tidak bisa dihidupkan. Mereka panik dan refleks aja om saya tekan klakson mobil berkali-kali dan waktu om saya coba starter lagi
eh… mesin mobil hidup lagi dan saat itu kereta api udah benar-benar mendekat, semua orang di sekitar sudah pada berteriak, "keluar…keluar. ..keluar !!".

Akhirnya selamat…! Saya teringat ketika saya kuliah di Jerman, dan saya pernah baca buku ternyata rel kereta api dapat menghantarkan listrik dan magnet yg sangat tinggi akibat gesekan yg terus menerus,dan medan magnet itu bisa tersimpan selama 3 jam, bayangkan kalo kereta berlalu lalang setiap 5/10 menit,berapa medan magnet yg di simpan rel itu..? dan akibatnya yaitu membuat mesin mobil atau sepeda motor bisa mati mendadak..jika kita terlalu lama di atas rel/medan magnet itu.

Akan tetapi itu bisa diatasi dengan bunyi yang tinggi seperti klakson dan ternyata memang berhasil memutuskan rangkaian listrik dan medan magnet di sekitarnya. Teman-teman tolong sebarkan info ini ya…karena banyak ditemui kecelakaan kereta api vs mobil/motor karena kendaraan mati mendadak di tengah rel KA!




Related Posts by Categories



32 comments

  1. buJaNG // 12 April, 2009  

    Wa ya memang harus hati2 kalau lewat rel kereta api, karena motor ato mobil bisa mati mendadak karena efek medan magnet/listrik

  2. MeNDHo // 12 April, 2009  

    O..gitu toh Mas.. Wah baru tau nih Mas kalo "rel kereta api dapat menghantarkan listrik dan magnet yg sangat tinggi akibat gesekan yg terus menerus".
    Saya kirain kecelakaan kereta api vs mobil/motor karna mobil/motornya yg macet.. Ternyata ada hal lain yg bisa mnyebabkan trjadi'nya kecelakaan..
    Wah.. brarti klo nyebrang rel kreta harus hati-2 nih..
    Makasih Mas info'nya.. Semoga dapat membantu para pengguna kendaraan bermotor lainnya..

  3. spydeeyk // 12 April, 2009  

    Yang paling penting jangan panik kali yah.., klo panik mah.. jadi lupa idup-in klaksonnya.. :D

    nice info mas.. thx..

  4. Cengeng-ngesan T_^ // 12 April, 2009  

    saya kalau mo lewat rel yang tak berpalang pasti nengok dulu apakah ada kereta apa gak.

    tuh, bunyi klakson emang bener pasti ngilangin medan magnet gak?
    apa ada kemungkinan gagal?

  5. Cengeng-ngesan T_^ // 12 April, 2009  

    saya kalau mo lewat rel yang tak berpalang pasti nengok dulu apakah ada kereta apa gak.

    tuh, bunyi klakson emang bener pasti ngilangin medan magnet gak?
    apa ada kemungkinan gagal?

  6. Seno // 12 April, 2009  

    bagus banget nih infonya bro slikers. ngeri juga kalo tiba2 mobil berhenti di tengah2 rel, ternyata klakson bisa ngebantu ya. thanks infonya nih.

  7. Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 // 12 April, 2009  

    wah jadi paham nie kenapa banyak mobil/motor yang berhenti mendadak waktu berada di rel KA. serta solusi jitu pas kejebak, thanks mas infone. insyallah akan saya pos di blog saya juga.

    -eRos---

  8. sandy // 12 April, 2009  

    baru taw saya..

    ssiip dah juragann

  9. Pencerah // 12 April, 2009  

    wah, ternnyata klakson juga sangat bermanfaat sekaligus ada artinya

  10. Kharianto // 12 April, 2009  

    wah info bagus kang, thanks kang

    oh ya ada Award kang di blog saya

  11. marsudiyanto // 12 April, 2009  

    Yang parah kalau pas macet di rel kereta tapi jalan terhalang oleh penyerobot2...

  12. sibaho // 12 April, 2009  

    hhhmmmm, baru denger ini. pasti disebarin bro.... perlu eksperimen dulu gak ya :P

  13. ifoell // 12 April, 2009  

    wah.. di sulawesi blum ada kereta nih bro.. hehehe.. jadi gimana yah kasih masukan... but segala sesuatu yang di ciptakan ngga ada yg berguna, bgitupun dgn sebuah klakson... hihihi.. logika asal2an...

  14. Erik124913 // 12 April, 2009  

    Mengenai moesin mobil tiba tiba mati di atas rel, saya sering baca bro, memang pengaruh medan magnet yg sangat kuat.
    Tapi yg klakson ini saya baru tau. Tks bro, nanti saya bantu sebarkan

    Pondokku

  15. joe // 13 April, 2009  

    wah mengerikan sekali ...

  16. Eljaholic // 17 April, 2009  

    Wahhh... emang gitu ya caranya??

    SIp Sip... makasih infonya.. siapa tau saya mengalami (mudah2an ga akan pernah) :D

  17. Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 // 24 April, 2009  

    nice info juragan, berarti, sebisa mungkin klakson jangan sampe error yah. ;))

  18. Wisata Seo Sadau // 18 May, 2009  

    Anehnya kok sekarang remaja malah banyak yg suka ngerusak sendiri kalkson mereka yak??

  19. blog buat bisnis // 22 May, 2009  

    wah ternyata rel listrik itu mengandung magnet yang bisa mamtikan kendaraa yang melintas diatas-nya, pantesan banyak kecelakaan yang memakan korban kalau tiba-tiba kendaraan mereka mati di tengah rel....mudah-mudahan ini tidak terjadi lagi , seharusnya artikel ini menjadi perhatian semua kalangan, dan yang terpenting adalah agar tidak menerobos pintu perlintasan kereta , walaupun kereta nya masih jauh,...ini masih banyak terjadi, mungkin kita harus lebih waspada...sayangilah jiwa raga anda kalau ingin menyebrang lintasan kereta...lihat kanan kiri dulu ...
    sip..thanks mas slikers....great post..keep it up..!!

  20. Gema // 18 January, 2011  

    nice info om thanks

  21. toto // 04 March, 2011  

    betul sy jg pernah ngalami motor mati mendadak diatas rel tanpa palang pintu jarak kreta skitar 50mtr,distater ga nyala trus sy klakson eh syukur langsung nyala

  22. Sarang Semut // 07 April, 2011  

    ngeri ya....

  23. Obat radang sendi // 03 August, 2011  

    serm bgt kjadiannya!

  24. Obat asma // 03 August, 2011  

    memang penting gan...

  25. Obat diabetes milletus // 03 August, 2011  

    pengalamnnya srem mas..

  26. chute // 30 September, 2011  

    Owh gtu..
    Makasih infonya..!!

  27. paket umroh 2013 // 30 October, 2012  

    Pengalaman yang luar biasa, semua atas kehendak Allah

  28. Toko Bunga Online // 12 November, 2012  

    Bagusnya setiap perlintasan ada jembatan untuk kendaraan,

  29. travel umroh // 18 December, 2012  

    Masuk akal juga ya gan, ternyata rel kereta bisa menyimpan daya magnet yang lumayan besar

  30. Pabrik Kereta // 22 October, 2013  

    memang klakson itu sangatlah penting karena itu akan menjadi pemberitahuan bahwa kita sedang lewat dan untuk ansipasi kecelakaa juga

  31. sewa mobil pengantin // 04 November, 2013  

    benar tuh klason dari mobil atau motor yang melintasi rel kereta itu penting karena itu bertuuangan untuk ansipasi kecelakaan.

  32. baca disini menarik loh // 14 November, 2013  

    klackson memang harus ada pada sebuah kendaraan

Post a Comment